Makanan Tradisional Korea

5 MAKANAN KHAS KOREA YANG WAJIB/MESTI/KUDU DI CICIP


         Di jaman yang modern seperti sekarang ini sudah begitu banyak makanan yang masuk ke Indonesia termasuk makanan korea. Ditambah dengan banyaknya penggemar dan para fans korea yang mengikuti gaya hidup dan fasion artis idola mereka. Bahkan kuliner nya pun ikut digemari juga oleh para fans nya. Sepertinya kalau belum coba mencicipi makanan khas korea ini belum lengkap rasanya menjadi fans artis korea. Kali ini wiskul akan memposting 5 makanan khas korea, berikut makanannya :





1. KIMCHI


           Kimchi merupakan sayuran yang difermentasikan, mungkin mirip dengan asinan yang ada di Indonesia. Sayuran yang biasa digunakan dan dijadikan kimchi adalah sawi putih, lobak dan juga mentimun. Kimchi ini bisa bertahan lama apabila disimpan di dalam lemari es atau disimpan dengan baik. Biasanya kimchi sering sajikan dengan hidangan lain sebagai lalapan karena rasanya yang segar cocok untuk sebagai makanan pendamping.
Kimchi dibuat dari berbagai jenis sayuran sehingga mengandung kadar serat makanan yang tinggi, namun rendah kalori. Sebagian besar kimchi dibuat dari sayuran seperti bawang bombay, bawang putih, dan cabai yang baik untuk kesehatan. Kimchi kaya dengan vitamin A, thiamine (B1), riboflavin (B2), kalsium, zat besi, dan bakteri asam laktat yang baik untuk pencernaan. Pada tahun 2000, strain bakteri asam laktat (strain MT-1077T) penghasil bakteriosin yang diisolasi dari kimchi diberi nama Lactobacillus kimchi.
Kimchi disebut sebagai salah satu dari lima "makanan tersehat di dunia" menurut majalah Health Magazine. Kimchi kaya dengan vitamin, membantu pencernaan, dan kemungkinan dapat mencegah kanker. Sayuran yang sudah lama diketahui baik untuk kesehatan, apalagi ditambah kultur bakteri hidup pada kimchi yang lebih banyak dari yogurt. Pemakaian cabai merah dalam jumlah banyak pada kimchi juga sering disebut-sebut baik untuk kesehatan.






2. KIMBAP


      Makanan yang satu ini sangat popular dikalangan anak-anak muda sekarang, yap... ini yang disebut kimbap. Makanan satu ini sama seperti sushi yaitu makanan khas jepang. Varian dari isian kimbap ini berupa sayur, daging, tapi bisa juga dimodifikasi sesuai selera. Untuk nasinya sendiri dibumbui dengan sedikit garam dan juga minyak wijen. Dan tak lupa pula ada rumput lautnya yang umumnya berada di luar gulungan kimbap.






3. BULGOGI


           Bulgogi merupakan daging sapi yang sudah diiris tipis dan kemudian dimasak dengan cara dipanggang. Bisanya sebelum dipanggang, daging sapi tersebut telah dibumbui terlebih dahulu. Bulgogi biasanya dimakan pula dengan lauk-pauk yang lainnya, atau dibungkus dengan daun selada dan baru dimakan. Makanan ini sendiri pun cukup populer di korea karna pembuatannya yang tidak terlalu rumit dan rasanya yang enak membuat makanan ini cukup popular.



4. RAMYEON


                Ramyeon atau di jepang dikenal dengan ramen, merupakan mie instan ala korea. Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini karena hampir di kebanyakan film korea ada adegan ketika makan ramyeon ini. Cara makannya pun unik, biasanya orang korea langsung makan ramyeon dari pancinya.






5. BIBIMBAP


            Bibimbap adalah masakan Korea berupa semangkuk nasi putih dengan lauk di atasnya berupa sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan saus pedas gochujang. Namanya secara harafiah berarti "nasi campur" yang berasal dari kata 비빔 (campur) dan 밥 (nasi). Sebelum dimakan, nasi dan lauk diaduk menjadi satu.

Bibimbap memiliki variasi yang banyak menurut daerahnya di Korea. Kota Jeonju di Jeolla Utara adalah kota asal variasi bibimbap daerah yang paling terkenal di Korea. "Jeonju bibimbap" (nasi campur Jeonju) merupakan bibimbap yang berisi lauk pauk yang paling banyak di Korea. Disebut dengan nasi campur karena saat memakannya nasi dan juga lauk pauknya dicampur/diaduk menjadi satu sehingga bercampur dan barulah dimakan dengan ditambah saus sambal.






Itulah beberapa makanan khas korea yang terkenal di Indonesia, selain makanan diatas masih banyak lagi makanan khas negeri gingseng ini yang terkenal enak dan menyehatkan.



Sumber : https://bacaterus.com/makanan-khas-korea/
Post By : Christina Olivia










6 komentar

Popular Posts

My Instagram