5 MINUMAN YANG COCOK UNTUK MUSIM PANAS

5 Minuman Ini Wajib Kamu Coba, Penasaran?


          Hai....sobat wiskul, ketemu lagi dengan kami si penjelajah makanan, 6 hari yang lalu kami sudah membahas makanan khas dari korea, kali ini kami akan memposting 5 minuman yang cocok untuk musim panas.
          Bulan ini sudah mulai memasukin musim panas nih sobat. Kalian merasa panas ga sih?? Kadang juga suka haus dan pengen minum sesuatu tapi bingung mau pilih minuman apa, karena terlalu banyak minuman yang cocok dan menyegarkan, terkadang kita sendiri bingung mau memilih minuman apa. Tidak semua minuman pun juga menyehatkan, ada yang membuat semakin haus bahkan menyebabkan kebengkakan pada tubuh atau obesitas. Kali ini wiskul akan memposting minuman yang cocok untuk musim panas, tetap sehat meskipun mengkonsumsi dalam jumlah banyak. Yuk kita simak dibawah ini :






1. Es Kelapa Muda



          Es Kelapa merupakan minuman khas tradisional Indonesia, minuman ini sangat digemari oleh banyak kalangan karena khasiatnya yang menyegarkan serta menghilangkan dahaga. Es kelapa sering dijumpai di mana saja karena bahan baku yang mudah didapat menjadikan minuman yang satu ini di gemari banyak orang, biasanya minuman ini selalu dicampur dengan gula merah atau gula putih yang sudah dicairkan lalu diaduk bersama es kelapa ini. Manfaat air kelapa yang terkandung dalam es kelapa muda sangat banyak sekali. Diantarnya adalah sebagai berikut.
  • Penyejuk dahaga
Manfaat air kelapa yang sangat jelas yaitu untuk menyejukkan dan menghilangkan dahaga.
  • Pengganti cairan tubuh
       Setelah beraktivitas yang menghabiskan tenaga, maka ion-ion dalam tubuh akan berkurang. Air kelapa memiliki elektrolit alami yang bisa menukar cairan tubuh yang hilang tersebut.
  • Sebagai infus
       Air kelapa dapat dijadikan sebagai infus. Hal ini umumnya dipakai oleh angkatan militer jika diperlukan saat tengah beroperasi di rimba atau dalam situasi terdesak.
  • Mencegah gangguan pencernaan
        Air kelapa mengandung lemak yang rendah dan juga kalori yang rendah. Segelas air kelapa dalam proses pencernaan dapat meghindarkan dari peradangan. Hal ini dikarenakan air kelapa memiliki asam laurat yang menyembuhkan gangguan pencernaan saluran.
  • Baik bagi penderita jantung dan diabetes
         Air kelapa termasuk air yang rendah gula. Jadi, air kelapa termasuk minuman yang bergizi bagi penderita jantung dan penderita diabetes.
  • Membersihkan racun dari tubuh
       Air kelapa merupakan minuman energi dengan enzim bioaktif yang meningkatkan metabolisme dan meredakan rasa lelah. Sehingga air kelapa dapat membersihkan racun dari tubuh.
  • Menyembuhkan infeksi urin
        Air kelapa adalah obat alami untuk menyembuhkan infeksi urin. Hal ini tentu berlaku pada kesehatan ginjal dan batu uretra. Air kelapa juga dikenal sejak dahulu dapat menyembuhkan gangguan saluran kencing. Segelas air kelapa akan meredakan rasa sakit akibat susah kencing.

Manfaatnya pun banyak ya sobat, ada yang mau mencobanya sekarang???



2. Es Lidah Buaya




          Pernah dengar minuman yang satu ini? Yap...Es lidah buaya. Mungkin banyak yang belum tahu minuman ini dan masih bertanya-tanya, rasanya seperti apa sih?
Lidah buaya merupakan tumbuhan asli dari afrika. Tanaman lidah buaya dapat tumbuh didaerah yang kering sehingga lidah buaya pada dasarnya bisa tumbuh dimana saja asal tempatnya kering oleh karena itu lidah buaya tumbuh di Amerika, Asia dan Afrika. Lidah buaya tidak memerlukan jenis atau lahan tertentu untuk menanamnya makanya banyak yang menanamnya disamping rumah untuk suatu keperluan.
Biasanya lidah buaya di gunakan sebagai obat kecantikan untuk rambut, agar rambut terlihat sehat dan berkilau. Ternyata lidah buaya ini bisa dikonsumsi dan dijadikan bahan baku makanan atau minuman contohnya adalah es lidah buaya ini, minuman es lidah buaya memiliki manfaat yang sangat banyak antara lain mencegah kangker, menurunkan kadar gula pada penderita diabet, mengotrol tekanan darah bagi penderita darah tinggi dan lain-lain...
         Tidak banyak yang menjual minuman ini tetapi bukan berarti sulit untuk menemukan minuman tersebut. Biasanya minuman ini terdapat di caffe, sobat pun bisa membuatnya dirumah karena cara pembuatannya sangat mudah, hanya tinggal mencari bahan lidah buayanya saja sobat....Selamat Mencoba :)






3. Es Buah


          Minuman ini sudah tak asing lagi di kalangan pecinta kuliner, yap...es buah. Minuman satu ini sangat di gemari di Indonesia. Karena banyak buah yang terdapat di dalam es buah ini manfaatnya pun banyak seperti mengenyangkan tetapi tetap sehat dan banyak vitamin. Tidak hanya diminum tetapi juga dapat dimakan karena banyak buah yang ada di dalam es tersebut. Bahan-bahannya pun mudah di dapat,sobat hanya perlu membeli buah-buah yang diperlukan, membeli susu kental manis, dan air gula. Cara pembuatannya pun sangat mudah dan sederhana seperti berikut

Cara pembuatan :

  • Siapkan mangkuk besar berisi es batu
  • Iris kotak-kotak buah yang telah dibeli
  • Berikan susu diatasnya lalu tuangkan air mineral secukupnya
  • Tambahkan air gula sesuai selera
  • Aduk Hingga semua tercampur
  • lalu Sajikan
Mudah bukan sobat wiskul, anda bisa menerapkannya di rumah.




4. Lemon Tea



        Walau banyak orang yang menyukai lemon tea, Masih banyak orang yang tidak tahu menganai fakta lemon tea berikut ini:

        Fakta Lemon tea pertama   adalah proses ketika Lemon tea dibuat.  Lemon Tea dibuat dengan campuran teh hitam dan perasan jeruk lemon. Salah satu hal menarik  adalah  ketika  menekan sedikit lemon ke dalam  secangkir teh, ada perubahan  drastis  dari wana teh tersebut. Efek ini dikenal sebagai bathochromic shift. Istilah  yang tak banyak diketahui  oleh orang awam dipakai oleh peneliti menunjukkan bahwa  lemon mengubah keasaman teh dan perubahan warna merupakan indikasi dari hal tersebut,   metode  kimiawi  yang sama  dengan perubahan pada kertas lakmus ketika ditetesi berbagai macam zat kimia. Apa hubungannya? Perubahan warna dalam lemon tea menindikasikan bahwa  Daun teh memiliki kandungan zat yang kaya baik dari segi manfaat dan rasa,  banyak orang yang setuju rasa Lemon tea  adalah rasa teh  buah yang unik.

           Fakta lemon tea yang kedua adalah teh ini memiliki kenikmatan yang dapat dirasa di setiap waktu dalam situasi dan kondisi apapun. Lemon tea adalah minuman nomor satu untuk hal itu  dibanding dengan minuman teh campur populer lainnya, seperti milk tea, honey tea atau teh orisinil biasa, lemon tea dapat disajikan hangat ataupun dingin. Segelas lemon tea hangat dipercaya mampu meredakan penyakit flu dan kedinginan, seduhlah teh ini di pagi atau malam hari agar badan menjadi hangat sedangkan segelas lemon tea dingin adalah minuman rasa pelepas dahaga yang cukup populer di dunia terutama di musim panas atau panas matahari terik di siang hari.

          Fakta lainnya adalah manfaat Lemon tea yang luar biasa  yang dipercaya mampu menghandle stress  dan melawan kelelahan sehingga baik pula untuk mengkonsumsinya di pagi hari . Hal unik lainnya adalah lemon tea sebagai agen pembersih dalam  sistem tubuh manusia.  Lemon tea membantu menghilangkan racun berbahaya dari darah dari kegiatan metabolisme dalam tubuh.




5 Air MIneral





           Minuman yang terakhir ialah air putih, kenapa saya memilih air putih? Karena air putih adalah minuman yang mudah ditemukan dimana saja dan manfaatnya pun sangat banyak. Minuman ini juga tidak memiliki efek buruk pada siapapun.





Itulah beberapa minuman yang cocok untuk diminum saat musim panas, perlu diingatkan lagi untuk para sobat wiskul, minuman itu bisa menjadi baik bila kita mengkonsumsinya dengan bijak. Sekian dari Wiskul, sampai jumpa minggu depan :)





Post by : Christina Olivia .W.

13 komentar

Popular Posts

My Instagram