Es Dawet ayu asli Banjarnegara


1.1 dawet ayu di alun-alun banjarnegara

    Banjarnegara atau lebih dikenal dengan sebutan Mbanjar, adalah sebuah kabupaten yang cukup kaya akan akan kuliner, salah satu kuliner minuman khas Banjarnegara adalah Es Dawet Ayu. Es dawet ayu Banjarnegara berbeda dengan dawet-dawet lainnya dawet di Banjar terbuat dari tepung beras dan tepung beras ketan beraroma pandan yang sangat wangi, ditambah santan kelapa, gula aren, dan durian yang menambah nikmat minuman ini. Rasanya yang Segar  membuat minuman tradisional ini selain sebagai pelepas dahaga juga digunakan sebagai pendamping makanan utama. karena itu di beberapa tempat seperti warung makan dan restoran juga menyajikan menu dawet ayu sebagai menu minuman andalan.

1.2 alun-alun banjarnegara

 Saat ini minuman dawet ayu mudah sekali ditemukan di berbagai kota di indonesia, biasanya suka ada tuh abang-abang yang bawa pikulan, dengan kain hijau bertuliskan Es dawet ayu asli banjarnegara. tapi buat yang kepingin cita rata asli khas Banjarnegara hanya bisa dijumpai langsung di banjarnegara ya hehe, Karena keunikan nya Dawet ayu Banjarnegara dijadikan sebagai Mascot dari minuman khas banjarnegara, salah satu apresiasi untuk menjadikan tanda sebagai minuman "khas" tersebut, Pemerintah kabupaten banjarnegara telah membuat Mascot miniatur dawet ayu yang diletakkan di Alun-Alun Banjarnegara, nah di Alun-Alun inilah Para Sobat kuliner bisa menemukan Banyak sekali pedagang dawer ayu asli banjarnegara sampai yang jual pun asli banjarnegara hehe.
1.3 mascot dawet ayu di alun-alun banjarnegara

 Banjarnegara kampung saya juga nih kebetulan setiap lebaran selalu mampir ke Alun-Alun Banjarnegara buat icip-icip Dawet nya sekalian perjalanan ke arah wonosobo menuju ke kampung satu nya, dawet ayu disini sangat-sangat enak dan segar. alun-alun Banjarnegara kan dekat dengan jalan raya nah wangi nya panda dan durian dari dawet ayu tersebut sampai tercium ke jalanan gimana gak mengundang para pe sepeda motor untuk mampir sejenak menghilangkan dahaga dan tempat di alun-alun itu pun cukup sejuk karena terdapat pohon yang sangat besar, cocok banget ini buat istirahat sambil minum-minum dawet.
1.4 Gerobak khas Dawet ayu banjarnegara terdapat semar dan petruk


Buat Sobat Kuliner yang pengen jalan-jalan sekalian kuliner wajib nih kesini buat nyobain dawet ayu, dijamin gak nyesel.



posting by Sandy Akbar Pratama
referensi : lifestyle kompas
sumber gambar :1.1 ,1.21.31.4

3 komentar

  1. Balasan
    1. enak dong pastinya :D
      jangan lupa untuk selalu mengikuti blog kami dengan cara klik tombol ikuti dan mampir juga di artikel kami lainnya.

      Hapus
  2. Alun alun Banjar emang cocok buat minum dawet.
    Mantap lanjutkan

    BalasHapus

Popular Posts

My Instagram