Makanan Khas Wonosobo yang Wajib di cicipi





WONOSOBO, Mungkin sobat kuliner sudah pernah mendengar nama tempat tersebut ataupun pernah berkunjung ke sana. wonosobo terkenal dengan Panorama alam nya yang sangat indah terutama Dieng, dan telaga warna,*kebetulan wonosobo kampung saya juga hehe.
  selain Panorama alam yang sangat indah ternyata di Wonosobo juga terdapat Wisata Kuliner nya loh yang di jamin enak, Sobat kuliner udah penasaran apa aja makanan nya ? langsung aja check this out...


1. Carica
*buah carica

    Sobat kuliner pasti asing nih dengan nama makanan tersebut, tau gak nih carica itu apaan ? *Gorengan ya ?, ehh bukan, nih biar saya sedikit menjelaskan apa itu carica. Carica merupakan buah yang masih satu rumpun dengan pepaya, dengan sebutan buahnya para dewa di dataran tinggi dieng. Buah Carica hanya tumbuh  di dataran tinggi di ketinggian sekitar 1,500 meter - 3000 meter diatas permukaan laut. Oleh masyarakat Wonosobo Carica ini biasa diolah menjadi manisan,keripik dll. *kebetulan setiap saya pulang kampung saya selalu membeli manisan Carica nihh, rasanya manis ,asem-asem, seger lah pokoknya. untuk buah Carica nya itu setelah diolah jadi manisan seperti kita menggigit nanas dan itu enak sekali  dan cocok dimakan saat cuaca panas.
nah buat sobat kuliner yang pengen nyobain dateng aja langsung ke wonosobo ada banyak sekali toko-toko disepanjang jalan yang menjual nya.
*manisan carica

2. Kacang Dieng

  Ini satu lagi makanan ringan yang gak boleh dilewatin kalo ke wonosobo yaitu kacang dieng, kacang dieng berasal dari tumbuh-tumbuhan kacang-kacangan yang hanya tumbuh di dataran tinggi Dieng, kacang ini memiliki bentuk yang unik bentuknya besar dan melebar yang ditengah nya berwarna hitam. ini kaya nya cocok buat nyemil-nyemil sambil nonton film dijamin gak berhenti nguyah, *di Rumah mbah saya kacang ini makanan wajib nihh ketika lebaran pasti selalu ada dan paling laris dan abis duluan karena memang rasanya itu asin, gurih dan nagih bikin tangan gk berhenti nyomotin kacang nya hehe. Gimana sobat kuliner mau nyobain ? langsung aja Beli atau langsung meluncur ke wonosobo sekalian jalan-jalan hehe.

3. Sagon

   Sagon terbuat dari tepung sagu, parutan kelapa dan gula. dimasak dengan cara dibakar diatas bara kayu bakar atau arang, wanginya semakin menjadi untuk mengundang selera siapapun yang menciumnya. sayang banget nih sobat kuliner makanan ini agak susah dicari, jika benar-benar penasaran dengan rasanya mungkin sobat kuliner bisa mencari langsung di pasar tradisional yang berada di wonosobo.

4. Tempe Kemul

 Kalau di Puwokerto,banyumas ada mendoan, di wonosobo ternyata ada nihh makanan yang mirip mendoan namanya Tempe Kemul. dinamakan tempe kemul karena sesuai namanya Kemul yang arti nya selimut, adonan tempe yang siap diolah akan di selimuti oleh tepung yaang cukup banyak. cocok banget nih dengan suasana wonosobo yang cukup dingin, menikmati hangat nya tempe kemul dengan cabe rawit.  Sobat kuliner udah kerasa lapar ? tenang kita masih ada 1 lagi juara makanan nya, langsung aja chek no 5.


5. Mie Ongklok

nah ini ni Mie ongklok icon kuliner wonosobo yang rasanya dijamin gak akan sobat kuliner lupakan, Mie ongklok dibuat dengan racikan khusus menggunakan kol,potongan daun kucai dan yang juara di mie ini adalah kuah nya yang terbuat dari tepung kanji. *jujur saja saya awal makan mie ini sedikit binggung dengan kuah nya yang kental dan saat ditarik mulur-mulur tapi setelah di coba... udah gk bisa di jelasin lagi rasanya enak banget. daun kucai disini juga ternyata bermanfaat lohh buat nurunin darah tinggi.
 
  Tahu kah sobat Kuliner bahwa Nama ongklok itu berasal dari nama keranjang kecil terbuat dari anyaman bambu yang dipakai untuk perebusan mie nya, warga setempat akhirnya menyebutnya mie ongklok. dan pembuatan mie disini juga unik lohh dengan cara dicelup-celupkan selema beberapa menit di air mendidih dan cara inilah yang di sebut diongklok.
 cara pembuatan ini hanya ada di wonosobo saja lohh, mie Ongklok ini biasanya disajikan dengan tempe kemul atau sate sapi.






posting by Sandy Akbar Pratama
referensi : iki wonosobo
sumber pict: travelingyuk.com,berrykitchen.com,bisikan.com,kota wonosobo

5 komentar

Popular Posts

My Instagram