Makanan Khas Jakarta



Jakarta merupakan ibu kota dari indonesia dan menjadi salah satu kota terpadat di indonesia,  di jakarta ternyata memiliki banyak sekali makanan khas nya lohh mau tau apa aja ? langsung aja simak artikel berikut.

1. Nasi Uduk

  Nasi uduk, yak semua orang pasti sudah pernah mencoba makanan yang satu ini kan. Nasi uduk ini memang sangat enak dan gurih, karena Nasi yang digunakan di sini dimasak dengan dicampur Santan, dari santan inilah yang membuat si nasi menjadi gurih dan biasanya penjual Nasi uduk menambahkan daun pandan ke dalam nasi agar menambah sedikit gurih dan wangi. Nasi uduk biasa disajikan dengan Tempe atau bakwan yang masih hangat ditambah dengan timun,emping,bihun dan juga sambal, jangan lupa tambahkan bawang goreng diatasnya biar semakin nikmat hehe.

2. Ketoprak

ketoprak siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini ciri khas dari ketoprak ialah bumbu kacang. isian ketoprak biasanya terdiri dari Bihun,Ketupat,tahu,tauge, yang disiram oleh bumbu kacang. yang biasanya membedakan kenikmatan dari ketoprak ialah bumbu kacang nya setiap tempat pasti racikan dari bumbu kacang akan berbeda-beda adanya agak cair dan sedikit kental, tergantung selera sobat kuliner ingin yang seperti apa.

3. Soto Betawi

Soto betawi merupakan kuliner legendaris yang banyak diburu oleh para wisata kuliner di sekitar jakarta, istilah soto betawi sendiri mulai hadir pada 1977 dan 1978. namun bukan berarti istilah tersebut tidak ada pada tahun sebelumnya. Lie Boen Po yang merupakan keturunan asli tionghoa yang pertama kali memakai merk Soto Betawi pada soto yang dijualnya di wilayah THR lokasari.
Soto Betawi sendiri merupakan jenis kuliner berkuah kental yang gurih, yang biasa disajikan dengan campuran tauge, bihun maupun kubis dan jangan lupa tambahkan emping, selain menggunakan daging ayam, soto tersebut juga bisa disajikan dengan jeroan seperti hati,paru dan torpedo. Gimana nih sobat kuliner pengen nyobain soto betawi yang enak ini ? langsung aja cari di jakarta dijamin gak nyesel.


4. Nasi Kebuli
Nasi Kebuli memiliki cita rasa yang gurih dan lezat, Nasi Kebuli merupakan makanan yang cukup populer di kalangan masyarakat betawi. Kuliner ini biasa disajikan saat perayaan keagamaan seperti Lebaran, saat Qurban maupun Maulid Nabi.
Tidak hanya Populer di kalangan Masyarakat betawi, nasi kebuli juga disukai oleh warga keturunan arab yang ada di indonesia. Cita rasa gurih dari Nasi kebuli ternyata berasal dari Olahan nasi dengan Kaldu kambing,susu kambing dan minyak samin, ketika matang disajikan dengan daging kambing goreng atau Ayam Goreng beserta taburan irisan kurma maupun kismis

5. Kerak Telor

      Makanan yang memiliki rasa gurih dan legit ketika sobat makan ini memang sudah ada sejak lama dan menjadi kebanggan warga Jakarta. Tahukah sobat kuliner bahwa kerak telor sudah ada sejak kolonial belanda lohh bahkan menjadi primadona.
     Kerak telor bisa dikatakan fast food nya jakarta Karena membuat nya tidak memakan waktu lama, hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit maka sudah siap untuk menyantap kerak telor yang masih hangat. Kerak Telor ini terbuat dari bahan-bahan seperti beras,ketan putih, telur ayam atau bebek, dan ebi yang disangrai kering ditambah bawang goreng lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica, sedikit garam, dan gula pasir.
      unik nya dari makanan  Kerak Telor dimasak tanpa menggunakan minyak, ketika telur setengah matang, maka wajan akan dibalik menghadap panas nya arang dari anglo lalu di biarkan hingga menjadi kerak, setelah permukaan telor agak sedikit gosong, kerak telor diangkat dan diberi bumbu lalu siap untuk dihidangkan. memasak kerak telor sama sekali tidak menggunakan kompor, melainkan menggunakan anglo dan arang, karena memasak dengan anglo dan arang untuk menjaga cita rasa asli dari Kerak telor.
kerak telor sebenarnya sudah sangat jarang di temukan di jakarta, biasanya kerak telor hanya ada di acara-acara seperti PRJ (Pekan Raya Jakarta) dan mungkin hanya beberapa pedagang lama saja yang masih mempertahankan untuk menjual kerak telor ini.





Posting by Sandy Akbar Pratama
Referensi :Jadi Pergi

1 komentar

Popular Posts

My Instagram